Wednesday, June 15, 2011

Gerhana Bulan Terpanjang Selama 100 Tahun, Mari Shalat Gerhana!

Assalamu'alaikum.
Ya pengelihatan anda masih baik dan anda tidak mengalami kesulitan membaca. Hehehe
Gerhana Bulan Terpanjang Selama 100 Tahun insyaAllah akan terjadi pada esok hari (Kamis, 16 Juni 2011) diperkirakan mulai dari pukul 01:25 WIB hingga 05:04 WIB. Awalnya saya tidak tahu kalau akan ada gerhana, tapi kawan saya memberi tahu setelah saya mempost foto bulan pada tgl 14 juni 2011. 

Sebenarnya pada malam itupun saya tidak berniat memfoto bulan. Ketika saya sedang internetan, Umay dan Cuex (teman saya) memberi tahu bahwa malam itu bulannya cantik sekali dan purnama. Saya bergegas keluar n mengabadikan si bulan.Ternyata setelah saya foto hari itu belum sepenuhnya purnama. Maka saya hadiahkan foto berikut untuk Umay dan Cuex.

my shoot, at my home


Setelah mempost foto ini di Fb, salah satu teman saya nanyak, "hari kamis gerhana bulan ya?" Tentu saja saya tidak tahu. Berangkat dari rasa penasaran, dan keinginan untuk tidak melewatkan salah satu momen spesialitu maka saya mencari info di paman google. Untuk info tentang gerhana selengkapanya dapat di baca di sini juga mengapa ini menjadi yang terpanjang juga silahkan baca di sini.


Kabar ini membuat saya sangat gembira dan semangat. Berharap dapat mengabadikannya dalam sebingkai foto kenangan. Selain itu, ini akan menjadi kesempatan pertama saya untuk shalat gerhana. Walaupun agak sedikit kecewa karena mungkin tak dapat melihat langsung gerhana, akibat dari tadi pagi hingga post ini di publish masih hujan dan mendung. Kemungkinan dapat melihatnya Kamis dini hari nanti sedikit memudar. 

Intermezo: Barusan saya keluar melihat ada ribut-ribut apa. Ternyata hanya kelompok anak-anak lewat sambil bercanda. Saya melihat ke langit. Subhanallah... Di antara kabut awan tebal hitam, ujung awan yang satu kompak berpisah dengan ujung lainnya, sempurna menampakkan intipan cahaya bulan. Subhanallah...

Kalau begitu mari kita siapkan hal lain yang tak kalah pentingnya, yaitu Shalat Sunnah Khusuf (gerhana bulan). Shalat ini adalah shalat yang dilakukan saat gerhana terjadi. ‎Waktu mengerjakan shalat gerhana bulan mulai dari terjadinya gerhana sampai terbitnya kembali, atau sampai bulan tampak utuh. Maksudnya bisa dikerjakan kapan saja selama gerhana masih terjadi (awal-tengah-akhir). Biasanya, gerhana hanya terjadi sebentar saja, sehingga kita tak punya banyak waktu seperti yang akan terjadi kali ini. Gerhana bulan kali ini cukup panjang. Jadi anda masih punya waktu menikmati bulan purnama setelah mengerjakan shalat khusuf.

Shalat sunnah khusuf (gerhana bulan) hukumnya sunnah muakkadah (sunnah yang sangat dianjurkan). Berikut akan saya tuliskan tata cara melaksanakan shalat gerhana. Pada dasarnya terdapat 2 cara yang dapat dilakukan.

1. Dilakukan sama dengan shalat sunnah biasa, sebanyak 2 raka'at, boleh dilakukan sendiri, tetapi lebih utama berjama'ah.

2. Dilakukan dengan shalat 2 raka'at dengan 4 kali ruku' dan 4 kali sujud. Raka'at pertama dilakukan dengan 2 kali ruku' dan 2 kali sujud dan begitu pula untuk raka'at kedua. Tata caranya adalah, mulai shalat dengan niat shalat gerhana (bulan/matahari), takbir, kemudian sama dengan shalat biasa hingga Al fatihah dan surah, kemudian ruku' pertama, kemudian 'itidal kemudian membaca Al fatihah lagi, kemudian ruku' kedua, kemudian 'itidal lagi, kemudian sujud seperti biasa, kemudian duduk tuma'ninah kemudian sujud kedua. Pada raka'at kedua juga dilakukan seperti raka'at pertama.

Dengan demikian, shalat ini akan terdiri dari 4 ruku', 4 Al fatihah, dan 4 sujud. Bacaan Al fatihah dan surat pada shalat gerhana bulan dinyaringkan sedangkan pada shalat gerhana matahari tidak dinyaringkan (shalat gerhana matahari juga sama tata caranya dengan shalat gerhana bulan). Dalam shalat gerhana disunnahkan membaca surat-surat yang panjang.

Semoga kita dapat menunaikan shalat sunnah yang satu ini dan tidak terlena dengan indahnya gerhana.

Demikian tulisan ini di buat di malam menjelang gerhana....^_^

Semoga bermanfaat....

Reference:
Rifa'i, Mohammad. 2006. Risalah Tuntunan Shalat Lengkap. Semarang: PT. Karya Toha Putra.

11 comments:

Aa Biq said...

matur nuwun infona,sangat bermanfaat.
ane udh follow,folbek y kang,ane msh krg tmn,he.
salam silaturahim

Aa Biq said...

hduh maaf,kirain ikhwan,he,,,pas ane liat profilny trnyata ukhti

Yotsuba said...

hehhe....smoga bermanfaat...^^

inou_zuka said...

terima kasih infonya

days of dee tresna said...

wah photo bulan-nya bagus...

Ummul Khairi said...

waa..kakak gak sempat liat gerhananya dek, karna harus tidur lebih awal untuk sahuran, hehe

Yotsuba said...

k'ai: heheh...sama aja kak...ngak napak sama sekali...mendung...dari jam 1-4 ditungguin ngak nampak...heheh

Yotsuba said...

b'tresna: terima kasih....saya juza suka sekali foto2 ibu...^_^

mobil baru said...

Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga

kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
keep update! mobil baru

harga mobil bekas suzuki said...


Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
keep update!Harga mobil Bekas Suzuki

Anonymous said...


terima kasih atas informasinya..
semoga dapat bermanfaat bagi kita semua :) Sammy Simorangkir

Post a Comment

Arigatou.. Visit Again Yaa... ~